Langsung ke konten utama

Macam – Macam Jenis Propeller


1. Propeller Biasa
Propeller dengan pitch tetap (fixed pitch prop-eller) Propeller dengan langkah tetap (fixed pitchpro-peller , FPP) biasa digunakan untuk kapal besar dengan rpm relatif rendah dan torsi yang dihasilkan tinggi, pemakaian bahan bakar lebih ekonomis, noise atau getaran minimal, dan ka-vitasi minimal, biasanya di desain secara indi-vidual sehingga memiliki karakteristik khusus untuk kapal tertentu akan memiliki nilai effisi-ensi optimum.

 fixed pitch propeller

2. Propeller dengan pitch yang dapat diubah (con-trollable pitch propellers) 

Propeller dengan pitch yang dapat diubah-ubah, (controllable pitch propeller, CPP) merupakan baling-baling kapal dengan langkah daun pro-pellernya dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan misal untuk rpm rendah biasa digu-nakan pitch yang besar dan rpm tinggi digunakan pitch yang pendek, atau dapat digunakan untuk mendorong kedepan dan menarik kapal mundur ke belakang, sehingga hal ini dapat menciptakan pemakaian bahan bakar seefektif mungkin.


controllable fixed propellers

3. Azimuth Thrusters

Azzimuth thruster digunakan untuk mempermudah kapal dalam manuver, namun pemakaian alat penggerak dengan posisi berada di bagian atas sehingga memberi tempat yang lebih lapan untuk menempatkan penggerak utamanya, baik berupa motor diesel atau motor listrik.  Propeller tipe ini sering disebut sebagai baling-baling dengan poros penggerak vertikal. Hal ini memungkinkan untuk memutar baling-baling dapat menghasilkan daya dorong dengan arah ayng diperlukan.

Umumnya propeller ini dipasang baik secara terbuka maupun menggunakan saluran. Sudut propeller umumnya dibuat lebih rumit dibanding poros propeller normal sehingga propeller jenis ini lebih mahal. Diameter hub lebih besar sehingga dapat menurunkan efisiensi propulsi.

Adjustable Bolted Propeller (ABP)
Adjustable Bolted Propeller (ABP)

4. Propeller yang berpadu dengan rudder (Integra-ted propeller & rudder)

Propeller yang terintegrasi dengan rudder, IPR merupakan propeller yang hubnya dihubungkan dengan rudder, ini adalah pengembangan terbaru dari propulsi kapal. Kondisi ini menyebabkan arus air dari propeller yang melewati rudder akan memberikan peningkatan pengendalian dan pengaturan rudder, sehingga di peroleh penuru-nan pemakaian bahan bakar. (improved steering and control, and also reduces fuel consumption)

integrated propeller & rudder

5. Propeller dengan bolt yang dapat diatur (adjustable bolted propeller).

Jenis propeller ABP, ini merupakan pengem-bangan FPP, dimana daun baling-balingnya dapat dibuat secara terpisah kemudian dipasang pada boss propeller dengnan baut, sehingga dapat distel pitchnya pada nilai optimum yang akan dicapai (allows the most efficient blade matching for optimum efficiency while simpli-fying the installation process), dengan pembua-tan daun secara terpisah ongkos pembuatan dapat ditekan (butuh satu cetakan/mold daun propeller) termasuk pengirimannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS JENIS KAPAL NIAGA

KAPAL NIAGA Sumber: https://www.nippon-foundation.or.jp/en/what/spotlight/ocean_outlook/story4/ PENGERTIAN KAPAL NIAGA Secara garis besar Kapal Niaga dapat diartikan kapal yang digunakan untuk mengangkut atau membawa Manusia ataupun Barang baik berupa Padat, Cair, ataupun Gas dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lainnya dalam jumlah banyak maupun sedikit dengan tujuan Bisnis atau perjanjian yang di kelola oleh Perusahaan Negara ataupun Swasta. JENIS JENIS KAPAL NIAGA GENERAL CARGO VESSEL   TANKER VESSEL Kapal Tanker adalah jenis Kapal yang berfungsi untuk mengangkut minyak dan gas alam. Ada 2 jenis Kapal Tanker pengangkut minyak yaitu Kapal Tanker pengangkut minyak matang/halus dan kapal tanker pengangkut minyak mentah. dan untuk kapal Tanker pengangkut Gas terbagi 2 jenis yaitu LPG (Liquefied Petroleum Gas) dan LNG (Liquefied Natural Gas). Selengkapnya > DRY BULK CARRIERS Kapal Dry Bulk Carriers atau yang biasa disebut Kapal Kargo Curah berf...

Self-Propelled Oil Barge (SPOB)

Sumber Gambar : https://sampurno-studio.blogspot.com/2011/08/anim-270-spob-self-propelled-oil-barge.html DEFINISI Kali ini saya akan membahas  apa itu SPOB (Self-Propelled Oil  Barge), SPOB (Self-Propelled Oil  Barge) juga bisa dibilang yaitu Tonkang yang mempunyai mesin penggerak  atau Tongkang yang bisa berolah gerak sendiri. Sesuai namanya yang menggunakan kata "Oil" SPOB adalah kapal yang termasuk dalam jenis Kapal Tanker berfungsi untuk mengangkut minyak dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lain ataupun menggunakan sistem Ship to Ship (STS). Kapal SPOB (Self-Propelled Oil  Barge) juga biasa  digunaan untuk  Bunker di tengah laut  atau  lebih sederhananya  kapal yang berguna untuk pemasok bahan bakar kapal-kapal yang ada ditengah  laut jika  di suatu perairan sekitar tidak adanya pelabuhan yang menyediakan Bunker Bahan Bakar stasiun untuk  itu kapal ini sangat dibutuhkan mengingat kapasitas Tanki yang sangat b...